Workshop " Optimalisasi Whatsapp untuk layanan PPDB Online "




Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah salah satu program yang pasti dilaksanakan oleh lembaga pendidikan di semua jenjang.

Kesuksesan pelaksanaan PPDB diukur dari banyaknya Peserta yang mendaftar di lembaga pendidikan tersebut. Maka berbagai cara dilakukan untuk mendukung kesuksesan program ini.

Program PPDB yang sering dilakukan oleh sekolah/madrasah antara lain : 

1. Sosialisasi PPDB pada jenjang pendidikan di bawahnya. Misalnya, jenjang SMA melaksanakan sosialisasi di MTS/SMP, sedangkan jenjang SMP/MTs melaksanakan sosialisasi di SD/MI.

2. Melaksankan kegiatan dengan sasaran calon peserta didik baru. Misalnya untuk tingkat SMP/MTs melaksanakan berbagai lomba atau try out untuk siswa kelas 6 SD/MI.

3. Melakukan promosi di media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Whatsapp , dll.


Namun dalam kondisi pandemi seperti sekarang, melaksanakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan sangat tidak dianjurkan. Oleh karena itu, penggunaan metode daring (dalam jaringan) atau online menjadi satu alternatif yang sangat relevan dalam pelaksanaan program PPDB saat ini.

Pimpinan Anak Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PAC PERGUNU) Kecamatan Muntilan menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk membantu lembaga-lembaga pendidikan di wilayah Muntilan dalam hal pemanfatan media social whatsapp dengan nama kegiatan “Workshop Optimalisasi Whatsapp untuk Layanan PPDB Online”. 

Ketua PAC Pergunu Kecamatan Muntilan, Muhamad Heri Wibowo, S.T menyampaikan bahwa, dalam kegiatan ini peserta diberi materi mengenai cara mengoptimalkan penggunaan aplikasi whatsapp untuk layanan PPDB. Ia juga  menambahkan bahwa, materi ini juga bisa kembangkan untuk kebutuhan yang lain. Sehingga, peserta diharapkan dapat mengembangkan materi secara mandiri untuk kebutuhan lain seperti pembelajaran daring, maupun kebutuhan lainnya. 

Workshop dilaksanakan pada hari Rabu, 2 Desember 2020 bertempat di MTs Ma’arif 2 Muntilan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Pimpinan Cabang Pergunu kabupaten Magelang Bapak Muh Nurhadi, S.Ag,S.Pd. yang sekaligus memberikan pembinaan kepada para peserta. 

Peserta workshop berjumlah 50 orang. Peserta berasal dari perwakilan semua jenjang pendidikan. Mulai dari PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK yang berada di wilayah Kecamatan Muntilan dan sekitarnya.

Posting Komentar

3 Komentar

Terimakasih sudah mengirimkan pesan kepada kami