Inilah Makna Filosofis Dari Logo Peringatan Harlah NU Ke 98

Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-98 NU jatuh pada tanggal 16 Rajab 1442 Hijriyah yang bertepatan dengan 27 Februari 2021.  

Logo Harlah ke-98 NU pun telah diluncurkan oleh PB NU seperti tampak pada gambar berikut :


Dilansir dari laman resmi PB NU www.nu.or.id sang desainer logo Ardani Rahmansyah menyebutkan, logo yang dibuat untuk memperingati Harlah NU dalam penanggalan Hijriyah ini tidak jauh berbeda dengan logo Harlah ke-95 NU dalam penanggalan Masehi yang bertepatan pada 31 Januari 2021 lalu. "Filosofinya simpel. Garis yang menggabungkan angka 9 dan angka 8 yang dibuat dengan satu tarikan garis, bermakna konsistensi atau keajegan," ungkap Dani, demikian sapaan akrabnya.

Dani menjelaskan bahwa keajegan tersebut sesuai dengan tema yang diusung, yakni konsistensi NU dalam berkhidmah dalam menyebarkan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) dan meneguhkan komitmen kebangsaan.   "Serta konsistensi dalam membawa Islam yang damai, Islam yang rahmatan lil alamin. Artinya, NU beradaptasi dengan perkembangan zaman sesuai dengan prinsipnya al-muhafadzhatu ala qadimis shalih wal akhdzu bil jadidil ashlah (memelihara tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik)," terangnya. 

Tak hanya itu, ia menuturkan bahwa warna keemasan yang terdapat dalam logo tersebut menggambarkan kemuliaan. Sementara warna hijau melambangkan kedamaian. "Logo dibuat hampir sama dimaksudkan agar seragam antara harlah Masehi dan Hijriyah. Di samping itu juga karena temanya pun sama," ucap Dani.


Posting Komentar

0 Komentar